-->

Tren Desain Interior Ruang Tamu yang Elegan

Tren Desain Interior Ruang Tamu yang Elegan

 

 Ide Desain Interior Ruang Tamu 

Seringkali rumah di Indonesia perlu satu ruangan besar sebab banyak keluarga yang menginginkan ruang tamu terpisah dari ruang keluarga, sementara itu desain di Barat mengizinkan kedua ruang tersebut berada di satu ruang atau bahkan merupakan satu ruang yang sama. Tetapi tren yang dapat diikuti oleh hunian Indonesia merupakan membuat desain ruang terbuka dengan menyatukan ruang tamu atau keluarga dengan dapur serta ruang makan. Banyak desain di homify yang dapat anda contek langsung atau sekedar menjadi inspirasi. Banyak ide yang bisa anda terapkan, tanpa perlu menambahkan partisipasi, menambah luas ruang, cukup degan dekorasi atau solusi alternatif lainnya.

Sama dengan mendekorasi ruang lainnya, budget seringkali menjadi tantangan untuk dapat mendekorasi sesuai dengan keinginan anda. 

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk mendekorasi ruang dengan dana terbatas :

1. Mengganti warna cat
Untuk menciptakan ilusi ruangan lebih luas, anda bisa mengganti cat menjadi warna yang lebih terang seperti krem, peach atau pink pucat, biru terang atau abu-abu. 

2. Bantal
Bantal membuat ruangan terasa lebih ramah serta nyaman. Padu padankan desain, pola, tekstur serta warna tekstil dengan tatanan ruang yang telah ada. Pastikan ia memberikan sentuhan tersendiri tetapi tetap serasi. 

3. Ukuran Furniture
Apabila dimensi ruang terbatas, tentu hal ini menjadi sesuatu  yang harus benar-benar diperhatikan. Misalkan, sebuah sofa yang berukuran besar akan membuat ruangan tamu terlihat lebih nyaman dan hangat tetapi perlu diingat bahwa pemilihan sofa merupakan sesuatu yang vital untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Sofa yang besar akan memakan terlalu banyak ruang dan membuat ruangan terasa jauh lebih sempit. Selain itu akan membatasi ruang gerak anda. 

4. Fungsi Furniture
Pilih furniture yang multi fungsi, jika sering ada tamu yang menginap dan anda tidak mempunyai ruang tidur tamu, anda bisa membeli sofa kecil yang dapat ditarik menjadi empat tidur (sofabed). 

5.Lampu Gantung
Mulai dari desain minimalis sampai chandelier, anda bisa memilih mana yang sesuai untuk ruangan anda. Lampu gantung dapat mempercantik ruang serta menciptakan ambies yang sesuai, tanpa memakan ruang untuk furniture lain. 

6. Hindari jumlah kursi yang terlalu banyak
Selain tidak efektif budget, terlalu banyak kursi juga memakan terlalu banyak tempat.
Ada 3 fungsi utama pencahayaan di ruang tamu untuk meja lampu dan lantai, yaitu General lightning, task lightning, ambient lightning. Recessed lightning atau teknik pencahayaan tersembunyi lebih sering dijumpai di hunian modern karena memberikan kesan bersih dan elegan. Pencahayaan ini cocok diterapkan di mana saja, mulai dari teras, kamar mandi hingga ruang tamu atau ruang keluarga. 



Pencahayaan ini meliputi down light dan indirect light (pencahayaan tak langsung) pada langit-langit, back light, dim light, accent light serta low light. Seluruh area akan menjadi terang tanpa keberadaan fisik bohlam lampu karena ia tersembunyi.
Bagaimana? Terpesona dengan kemewahan dan elegannya desain interior ruang tamu di atas?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel