-->

PERUT RATA TANPA KESIKSA!

 

CARA MENGECILKAN PERUT BUNCIT DENGAN CEPAT + EFEKTIF

mengecilkan perut aku yang sebelumnya buncit banget. Jadi, kalian mungkin kaget gitu ya lihat before-nya  perut aku bisa sebuncit itu, kayak orang lagi hamil  padahal nggak. Jadi guys, sebenarnya awalnya aku berniat untuk ngelakuin yang dua minggu challenge itu loh, yang  pasti udah sering muncul di beranda  kalian, challenge dua minggu bikin Abs di perut. Banyak beauty vlogger dari luar dan juga dari Indonesia yang udah cobain  challenge itu dan sukses, makanya aku kayak pengen ikut cobain juga  karena perut aku seperti yang kalian lihat memang sebuncit itu sebelumnya. 


Jadi, itu sekitar satu bulan yang lalu  aku mau cobain challenge-nya  tapi akhirnya nggak jadi karena itu termasuk yang berat banget untuk yang biasa nggak pernah olahraga terus ngelakuin itu.  Buat kalian yang udah follow Instagram aku, pasti kalian tahu kalau aku pernah share di IG Story  bahwa kemarenan itu aku lagi parah parahnya asam lambung. Jadi, gejala asam lambung yang aku rasain itu  bener-bener sangat  mengganggu. Dari heartburn, jadi kayak dadanya itu panas kebakar gitu. Terus badan sering kayak  berasa masuk angin, keringat dingin keluar terus-terusan. Udah gitu di bawah ulu hati itu kayak sakit,  dan perut begah terus, apalagi habis makan. 


Kecapean juga kayak gitu. Dan yang bener-bener kayak mempengaruhi kualitas hidup aku tuh adalah  gangguan panik. Jadi aku sering kena panic attack gitu. Jantung aku deg-degan parah kayak gitu,  sampe aku pernah mau rontgen atau  periksa jantung karena aku kira aku kena jantung. Tapi ternyata, setelah aku cari-cari tahu dan aku konsultasi ke beberapa dokter  spesialis penyakit dalam,  memang kalau asam lambung lagi parah itu efeknya bisa sampai kayak gitu. Jadi, langsung aja singkatnya  aku nggak jadi ngelakuin challenge itu tapi aku  cari gol yang lain. Gol aku bukan bikin Abs di perut tapi untuk  meratakan perut aku. Dan selain itu, aku pengen badan aku lebih sehat dan asam lambung aku bisa baikan, bisa sembuh.  Ternyata ketika aku ngikutin saran dari dokter untuk merubah pola hidup. 

Jadi, pola hidup itu merangkup pola makan, pola tidur, dan juga pola pikiran. Jadi aku  ngejalanin pola hidup sehat ini selama sebulan.  Dan ternyata, sekarang aku dapat bonus selain badan aku lebih segar, lebih sehat, asam lambung aku udah jarang banget kumat.  Dan ternyata perut aku pun juga  sekarang lebih rata, walaupun nggak yang rata-rata banget ya, masih kayak yaaah  ada kayak bolanya di tengah gitu,  walaupun nggak yang menonjol banget. Tapi seenggaknya udah sangat  ada perubahan ya dari yang sebelumnya. Dan aku pernah salah, aku pernah ngelakuin yang diet ekstrim gitu,  diet ekstrim. Itu malah ternyata  nggak bagus ya. Itu memang bikin berat badan cepat turun tapi nanti bisa cepat naik juga. Jadi, tips yang pertama adalah  bangun pagi dan jangan skip sarapan.  Jadi, sarapan itu wajib banget guys, karena sarapan ini adalah sumber energi awal. Ini sangat penting untuk  mengawali hari kita. 

Orang yang jarang sarapan biasanya nanti seharian itu bakalan cepat lapar guys.  Jadi, aku biasa sarapan  jam 8 pagi. Pokoknya jam sarapan aku tuh selalu sama guys. 



Ini sarapan aku adalah roti gandum, pisang, sama susu low fat yang Greenfields.  Kalau misalnya perut aku lagi nggak enak gara-gara asam lambung, ya aku sarapannya dengan bubur.  Jadi pokoknya disesuaiin kondisi aja ya.  Kalian bisa pilih menu sarapan yang lain karena ini aku cuman sharing menu sarapan yang biasa aku konsumsi.  Dan yang kedua adalah mengurangi  konsumsi gula yang berlebihan. Nah, karena aku tetep makan nasi jadi minumnya aku mengurangi  minuman-minuman yang mengandung gula tinggi. Apalagi  roti-roti yang banyak tepung terigunya, terus ada kayak  mesesnya. Pokoknya yang cokelat cokelat manis banget gitu. Nah, itu kalau bisa dikurangin.


Jadi, sekarang aku bener-bener  nerapin sehari minum air putih yang banyak.  Kalaupun pengen banget nih ya minum-minuman yang kayak lebih manis, aku tuh minumnya susu low fat,  merek Greenfields yang udah aku kasih lihat ke kalian untuk sarapan tadi. Terus aku bisa tambahin madu biar lebih manis.  Itulah kenapa, kalau bisa nih ya kalau bisa kita bikin minuman sendiri tuh di rumah,  kurangin jajan-jajan yang di luar. Karena kalau kita bikin minuman sendiri di rumah kita bisa ngatur nih gulanya  mau seberapa. 

Yang ke tiga adalah mengurangi  konsumsi garam yang berlebihan. Jadi, kalau tadi gula harus dikurangi, ini juga  garam kalau bisa dikurangin. Ini sih salah satu yang paling susah buat aku karena aku lebih suka asin daripada manis.  Dan ketika asin itu harus yang bener-bener asin, aku tuh kayak gitu. Dan yang banyak  mecinnya itu biasakan lebih enak gurih gitu ya. Nah, semenjak aku ada asam lambung ini  aku juga disarankan untuk mengurangi garam yang berlebihan karena garam ini tuh bisa  mengikat atau menahan air di dalam tubuh. Nah, itu yang bikin perut jadi buncit.  Terus kalau malamnya kita habis makan makanan yang banyak  garamnya, pokoknya yang asin gitu, biasa kan bangun pagi itu kayak  bengap-bengap gitu ya.

 


Yang ke empat ini tuh sebenarnya udah umum banget tapi memang susah banget ya guys adalah mengurangi  goreng-gorengan. Jadi, makanya aku tuh pilih lauknya kalau bisa yang berkuah.  Dan ini menu makan siang aku, nasi putih,  bandeng (ikan bandeng), sama sayur, sayurnya yang ada kuahnya biar segar.  Kalau kalian nggak ada asam lambung bisa ditambah sambel. Ini enak banget guys. Tapi kalau aku pilih lauk yang berkuah nih ya,  kayak sayur asem, terus sayur bening, pokoknya yang sejenisnya kayak gitu biasa kan  enaknya tuh kalau ada pendampingnya yang digoreng, kayak misalnya tahu goreng, tempe goreng, terus  ikan, ikan goreng. Ya aku tetap makan pendampingnya yang digoreng tapi  digorengnya ini aku pakai minyak jagung.  Jadi aku beli yang mereknya Mamasuka corn oil ini.  Kalau kalian beli minyak goreng,  kalian lihat di sebaliknya, di kandungan gizinya, itu kalian bisa  itu pasti kelihatan bedanya antara minyak-minyak yang untuk  diet biasanya sama minyak biasa. Kalau minyak goreng yang biasa itu kadar  lemak jenuhnya dan juga kolesterolnya itu biasa masih lumayan tinggi ya.  Sedangkan yang ini, minyak jagung dan juga olive oil, itu biasa dia tidak mengandung lemak jenuh.  Nol lemak jenuh dan juga nol kolesterol.  Jadi ini, kalau aku misal lagi pengen ya makan makanan yang digoreng,  ya aku pakainya minyak jagung ini. Memang harganya lebih mahal  tapi ini jauh lebih sehat. Tapi itu tadi lauk utamanya sih aku biasa tetap makanan yang berkuah, sayur yang ada kuahnya.  


Lalu yang ke lima adalah makan buah dan sayur.  Jadi, kalau sebelumnya aku males banget makan buah, sekarang semenjak aku ada asam lambung itu,  aku berusaha setiap hari harus makan buah.  Buahnya aku biasa buah naga dan juga buah pisang.  Dan jam 3 sore aku ngemil, cemilannya ini buah naga atau bit, terus juga kacang-kacangan, tapi kacang-kacangan ini  dipanggang dan dia nggak ada bumbunya. Aku beli di IG-nya ClubsehatSolo. Kalian bisa cek disitu harganya  Rp45.000 seini  250 gram. Sama aku makan telur ayam kampung 2 butir. Karena untuk  kalian yang punya asam lambung juga  pasti kalian tahu banyak banget ya pantangan untuk asam lambung ini. Dan masing-masing penderita asam lambung pun  pantangannya juga bisa beda-beda.  Dan nggak semua buah itu bagus ya untuk penderita asam lambung. Jadi, kalian harus sesuaiin untuk kondisi masing-masing.  Kalau aku, buah yang cocok di aku  dan nggak bikin asam lambung aku kumat itu adalah pisang sama buah naga. Biasa aku makan dua ini.  Untuk sayurnya itu tadi ya, aku selalu tiap hari harus ada makan sayur, harus ada lauk sayur.  Dan biasa sayurnya yang ada kuahnya karena sayur berkuah ini tadi di  aku bikin segar, terus pencernaan aku pun jadi lebih kayak enak. 

Yang ke enam adalah berhenti makan sebelum kenyang.  Jadi, sebelumnya pola makan aku itu ngawur. Selain aku skip sarapan, aku nggak sarapan,  tiba-tiba nanti siang aku makan dengan porsi yang banyak banget, dengan nasi yang benar-benar porsi  jumbo gitu loh. Nah, itu nggak disarankan khususnya untuk yang punya asam lambung juga  karena kalau punya asam lambung itu perut gampang banget begah, apalagi kalau makan banyak. Lalu yang ke tujuh,  usahain makan malam itu minimal tiga jam sebelum tidur.  Dan ini menu makan malam aku. Pokoknya harus ada sayur guys, sayurnya yang berkuah, terus sama nasi putih biar kenyang.  Habis gitu e.. pakai kerupuk juga.  Nasi putih karena aku lebih suka nasi putih daripada nasi yang lain hehe,  yang penting kan doyan ya. Dan ini porsinya nasi putih aku cuman lima sendok aja kalau malem.  Jadi, biasa kalau aku stop makan malam itu  setengah tujuh malam. Setelah setengah tujuh malam aku udah nggak makan apa-apa lagi.  Karena tubuh kita perlu dikasih waktu untuk mencerna  memproses makanan di lambung. Jadi, dokter aku pun menyarankan untuk kasih waktu antara makan malam dan juga tidur.  Jadi habis makan ya, di tempat makan di kursi meja makan,  jangan langsung masuk kamar. Pokoknya habis makan itu udah duduk-duduk dulu, santai-santai dulu  karena kalau kalian masuk kamar itu bawaannya pengen rebahan. 

Dan yang ke delapan adalah mengatur pola  pikiran karena saat kita stres itu pencernaan terganggu, terus  metabolisme tubuh jadi berantakan juga. Dan di sebagian orang termasuk aku, kalau stres banyak pikiran itu malah bikin nafsu makan  jadi tambah gede. Terus yang ke sembilan, ini di aku sangat berpengaruh juga untuk menjaga tubuh tetap segar  dan  metabolisme jadi lancar. Jadi, tiap pagi aku bangun itu aku  jalan-jalan. Nggak perlu lama-lama, pokoknya biar tubuhnya itu gerak, nggak kaku. Emang itu gak bisa bikin perut terus jadi  kotak-kotak, jadi ada Abs-nya. Nggak ada sejarahnya  jalan-jalan itu bikin perut jadi  ada Abs-nya.  Tapi ini bermanfaat untuk jaga kesehatan tubuh kita. 


Jadi, ini cara-cara yang aku lakuin  selama sebulan. Dan ternyata, ini bikin badan aku lebih sehat, terus juga perut aku lebih kecil.  Jadi, perut rata itu bonus, yang penting badan kita sehat dulu guys. Jadi, kalau kalian pengen kelihatan hasilnya  kalian harus ikut nih semua poin-poinnya ya. Kalau cuman beberapa aja  pasti hasilnya juga beda. Jadi, segitu sharing aku hari ini. Semoga bermanfaat buat kalian.    

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel